Mobil Terbang Bisa Mendarat Vertikal : Terrafugia TF-X

Terrafugia-TF-X-Concept
Nantinya kalau jalan macet di kota besar tidak perlu repot karena telah ada mobil terbang yang bisa start dan mendarat secara vertikal di gedung maupun taman rumput tanpa perlu landasan pacu yang panjang.
Sebelumnya, Terrafugia, perusahaan kedirgantaraan berbasis di Boston, Amerika ini pernah mempertunjukkan mobil terbang pertamanya, Transition, pada acara New York Auto Show 2012. Kini, perusahaan tersebut dikabarkan akan memproduksi mobil terbang ke duanya, TF-X yang bisa mendarat dan take off secara vertikal..
Mobil-Terbang-Terrafugia-TF-X-Concept
TF-X adalah kendaraan VTOL (Vertical Take Off and Landing)dengan empat kursi penumpang dan sistem plug-in hybrid dengan baling-baling Bell-Boeing V-22 Osprey seperti pesawat militer.
Baling-baling inilah yang membuatnya bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal dengan bantuan motor listrik. Lisensi pilot tidak diperlukan untuk mengendarai mobil terbang ini, karena ada sejumlah fungsi autopilot untuk menjaga segala sesuatunya bekerja dengan baik. Terrafugia TF-X disebut dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, dengan kecepatan mencapai 321 km/jam.
Terrafugia-TF-X-Concept
Terrafugia mengatakan bahwa mobil terbang pertamanya siap untuk diproduksi yang nantinya akan disusul dengan TF-X. Walaupun masih dalam pengembangan, TF-X disebut 100% layak terbang dan dapat diproduksi.
"Ini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk mulai berpikir tentang masa depan perusahaan melampaui pengembangan Transition. Kami bersemangat untuk terus memimpin penciptaan industri mobil terbang dan mendedikasikan sumber daya untuk meletakkan dasar bagi visi kami dalam sistem transportasi pribadi," ujar CEO Terrafugia, Carl Dietrich.
[Image: image.php?dm=CJL3]
Dengan menggabungkan Intelligent system terbaru, kabel pengontrol dan teknologi terkini, TF-X diyakini akan meningkatkan keamanan, kesederhanaan, dan kenyamanan untuk pengalaman penerbangan pribadi.
Tim desain Terrafugia sangat senang melihat perkembangan TF-X yang bergeser dari program riset dan pengembangan menjadi sertifikasi, produksi dan mendukung kegiatan customer
Menurut Dietrich, TF-X adalah kesempatan untuk menyediakan dunia dengan dimensi baru kebebasan pribadi.”
Belum diketahui secara pasti mengenai harga Terrafugia TF-X ini, tapi sekedar informasi, harga untuk Terrafugia Transition, mobil terbang versi pertama, dijual seharga 279.000 Dollar Amerika atau jika dirupiahkan sekitar 2,5 Milyar. Mungkin nantinya kalau diproduksi massal di China, harganya bisa terjangkau atau jauh lebih murah. 
Cara Mengendarai
Menurut Terrafugia, untuk belajar menggunakan mobil terbang ini hanya akan memakan waktu sekitar lima jam. Pasalnya penggunaan fitur-fitur pengoperasian pada TF-X semudah ketika mengendarai mobil biasa. Selain itu, TF-X juga telah dilengkapi sistem yang cerdas nan canggih untuk mengatasi masalah lepas landas dan mendarat. Dengan sistem yang serba otomatis berupa teknologi fly-by-wire, maka pengguna yang masih pemula pun tidak akan menemukan kesulitan ketika mengendarai mobil terbang yang satu ini.
Image : terrafugia.com

Posting Komentar untuk "Mobil Terbang Bisa Mendarat Vertikal : Terrafugia TF-X"