Lapisan-lapisan Bumi

Bumi tempat kita tinggal terdiri dari empat lapisan yaitu kerak bumi merupakan lapisan terluar tebalnya rata-rata 32 km, lapisan mantel tebalnya 2.900 km, lapisan inti bagian luar tebalnya 2.250 km, dan lapisan inti yang tebalnya 1.280 km.
Lapisan-lapisan kulit Bumi
Lapisan terluar tempat kita tinggal di sebut kerak bumi, kerak bumi terdiri dari batuan padat dengan ketebalan rata-rata 32 km. Lapisan kerak Bumi paling tebal sekitar 65 km yang berada dibawah daratan. Kemampuan manusia dalam mengali kerak Bumi baru sekitar 15 km. Lapisan kerak Bumi tertipis berada di bawah samudra yaitu sekitar 8 km, tepatnya di bawah palung Mariana (kedalaman palung 11 km).
Lapisan mantel yang tebalnya 2.900 km terdiri dari mineral-mineral seperti besi dan magnesium serta magma (batuan cair).
Inti Bumi terletak pada laisan terdalam. Inti bagian luar dengan ketebalan 2.250 km terdiri dari unsur besi yang berujud cair. Sedangkan inti Bumi bagian dalam berupa besi padat. Panas di inti bumi di perkirakan 5.000 derajat Celcius. Jadi dengan kata lain kita hidup di atas kompor yang maha panas!

Posting Komentar untuk "Lapisan-lapisan Bumi"